ANGKOLA KONSELING MINISTRY

Minggu, 25 Maret 2012

Berdoa Dalam Pndampingan Pastoral



Berdoa atau di doakan merupakan kebutuhan bagi banyak orang baik itu dalam keadaan sukacita, pergumulan atau krisis. Dan umumnya bagi sebagian orang keinginan untuk berkomunikasi kepada pencipta. Ini diakibatkan oleh karena doa dianggap merupakan sebuah kekuatan dari komunikasi dengan yang adikuardrati. Akn tetapi bagi sebagian orang ada ketakutan untuk berdoa oleh karena mereka tidak tau bagaimana, kapan, dimana dan doa untuk apa.
Kita berdoa karena Tuhan mengajak kita untuk berdoa dihadapannya dan secara khusus Johanes mengajak kita untuk berdoa kepada oranag lain (joh 5:16). Jesus member jaminan pasti bahwa setiap doa yang dipanjatkan didalam namaNya akan di jawab (mat 18:19-20. Dalam berdoa yang terpenting adalah bukan untuk dilihat namunmembawa beban seseorang dan mengundang kehadiran Tuhan dalam proses.
Doa bisa dilakukan kapan saja oleh karea itu seorang pendamping harus menghindari keinginan untuk menyenting  waktu untuk berdoa ketika mendampingi.
Dalam pastoral seorang konselor tidak akan pernah berdoa dari keinginannnya sendiri, doa dan isi doa harus berorientasi pada percakapan dan kebutuhan konseli. 

Dalam berdoa jangan memaksakan kehendak diri sendiri utuk berdoa umpamanya “saya ingin berdoa sekarang”, kalimat ini menyatakan kita yang mendampingi yang ingin berdoa. Bila kita  menginginkan doa itu merupakan keinginan dari yang di damping  kita bisa mengungkapkan ungkapan seperti:
-      …apakah anda ingin kita berdoa bersama sekarang?
-      Kita sudah berbincang bincang banyak hal dengan berbagai perasaan didalamnya, apakah baik bagi anda bila kita ungkapkan ini juga dalam doa kepada Yesus?
-      Boleh kah kita berdoa untuk apa yang anda ungkapkan?
-      Hal-hal apa yangingin kita masukkan dalam doa?
Bila ada sebagaian yang menolak untuk berdoa bersama dengan anda, kuasai diri sehingga tidak merasa ditolak, karena bisa saja ia melampiaskan kemarahannya karena merasa kecewa dengan berbagai hal dan dia tak kuasa menolak namun dia memiliki kesempatan untuk menolak tawaran kita untuk berdoa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

konseling space