ANGKOLA KONSELING MINISTRY

Sabtu, 26 Februari 2011

Marah


MARAH
Apa itu kemarahan?
Kemarahan adalah keinginan yang bergejolak atau emosi  langsung terhadap sesuatu yang secara kesadaran membebankan atau disangka salah. Meski disadari bahwa marah tak menyenangkan namun marah merupakan karunia atau anugrah yang diberikan Tuhan pada manusia yang merupakan moral positif dan negative dalam diri manusia. Marah bisa berdampak atau menghasilakn suatu sikap yang kontruktive atau destructive didalam nilai-nilai etis dan tergantung kepada kemampuan seseorang menyadari kemarahannya sendiri.
Permusuhan bukanlah sebuah kemarahan melaikan sebuah wilayah antagonism atau  dendam terhadap seuatu, biasanya permusuhan merupakan perlawanan  kepada, perasaan sakit terhadap. Perusuhan oribersinonim dengan ketidak bersahabatan,  dendam, peperangan, semuanya itu merupakan stigma negative terhadap orang lain.
Dari mana datangnya kemarahan?
Kemarahan bersumber dari persepsi ditambah dengan bagaimana menterjemahkan atau menafsirkan sebuah persepsi (hal ini tergantung pada pribadi lepas pribadi).  Sebagai mana emosi yang lain yang berdasar kepada stimulus psikal. kemarahan juga muncul dari cara berpikir individu yang merupakan bagian dari interpretasi. Tidak ada emosi yang terjadi secara otomatis yang diakibatkan oleh seseorang atau suatu kejadian tetapi emosi itu muncul sebagai hasil dari persepsi dari individu dan interpretasi kepada situasi yang terjadi.
What can an individual do to help the self from angry feelings? 
*      A - Accept = terima
*      N - Name = namai
*      G - Get It Out = Buang
*      E - Energize = berupaya
*      R - Resume = Ulangi lagi
A - Accept = terima
Yang pertama adalah terima bahwa kamu sedang marah. Sering orang menyangkal emosinya hal ini bisa disebabkan oleh kejadian sebelumnya yang menjadikan sesuatu yang menyakitkan atau membawa persoalan baru. Jangan sangkal kemarahanmu namun hadapi itu dengan mengetahui arah kemarahanmu.

N - Name
Yang kedua anda membutuhkan nama dari kemarahanmu dan identifikasi apa yang menyebkan engkau marah. Analisa dan pikirkan  kemana arah kemarahanmu sesuggguhnya bukanhannya mengdentifikasi kemarahan saat ini tapi juga kemarahan yang belum selesai sebelumnya karna stimulus itu bisa saja pemicu kemaahanmu saat ini.
G - Get It Out
Yang ketiga anda membutuhkan  untuk mengungkapkan secara ekspresi constructive atau menyaalurkan kemarahan itu sendiri. Banyak cara yang dianjurkan untuk expresi kemarahan coba dan upayakan dengan baik.
 E - Energize
Yang keempat, anda bisa secara aggressive untuk memfetilasi dan mengekspresikan emosimu untuk mengurangi kemarahan. Kamu harus berupaya untu menenangkan dirimu sendiri ntuk lebih tenang, rilex, lebih sadar, kurang tekanan dan berkurang stress.
R - Resume
 Yang kelima ketika  engkau berupaya, ulangi lagi upaya perenungan anda kepada orang yang membuat anda marah dan stimulus apa yang terjadi dengankemarahan anda dnegan berupaya tenang, dan rational.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

konseling space